Pages

Rabu, 30 Juli 2014

Dia PHP, atau lo yang ngarep?






Jadi kemaren gue ketemu temen yg tiba-tiba curhat, katanya dia jadi korban PHP. Buat yg belum tau apa itu PHP, gue jelasin aja kalau PHP itu kepanjangan dari Pemberi Harapan Palsu. Nah, Temen gue ini sedih banget.. Dia bilang kalau dia abis jadi korban cewek yg PHP. Gue penasaran, kenapa dia bisa nyebut cewek itu PHP.. Ternyata dia bilang, tuh cewek udah deket sama temen gue tadi.. Dan disaat lagi deket-deketnya, tuh cewek menghilang dan jauh gitu aja. Dari situ, gue mulai paham konsep PHP. Gue kirain kemaren, PHP itu "Pamer Harta Papi"

Tapi kalau ngeliat kasus dilapangan, banyak banget orang-orang/muda-mudi diluar sana yg suka bilang,


"Gue abis di-PHP-in sama dia!"
"Dasar cewek PHP!!!"
"Kemaren ngefollow gue, sekarang gue di unfollow. Dasar PHP!!!"

Nampaknya konsep PHP sendiri sudah mulai bergeser. Gue ngeliat PHP disini malah bukan lagi karena satu pihak emang mau ngasih harapan palsu, tapi pihak yg menganggap dirinya sendiri sebagai korbanlah yg sebenernya kege'eran duluan. Sehingga, saat pihak pertama mencoba biasa-biasa aja, padahal pihak kedua udah jatuh cinta. Pihak pertama bakal dituduh nggak peka dan ngasih harapan palsu. Kasihan? Emang..

Jadi, disini mari kita coba meluruskan dulu.. Mana yg layak disebut PHP, dan mana yg cuma kege'eran semata.

1. Orang yg lagi jatuh cinta, level Ge'eR-nya bisa sampe berjuta-juta
 
Yup! Harus diakui kalau kita lagi jatuh cinta, kita pasti bakal ngerasa serba Ge'eR atas kelakuan dari orang yg kita taksir. Misalnya dia update status di BBM:
 
"Gak sabar nunggu hari senin, biar bisa ketemu kamu.."
 
Karena lo udah naksir sama dia, pasti lo berharap (atau mungkin udah menganggap) kalau tuh status update dia buat lo, sehingga lo merasa #AdaHarapan
 
Atau, suatu hari kalian lagi ikut pelajaran olah raga dan dia ngelihat lo kelelahan, nawarin minuman dingin karena kasihan.
 
Tapi karena lo udah naksir sama dia, perlakuan dia bakal bikin lo ngerasa #AdaHarapan
 
2. Bedakan kebaikan dengan harapan
 
Nah, ini kasusnya sih hampir sama kayak point pertama diatas. Orang baik emang adorable.. Tapi orang baik ke elo, bukan berarti dia cinta sama lo. Misalnya gini, suatu hari ada anak baru di sekolah lo yg lumayan cakep. Otomatis, dia belum punya temen dan kebetulan dia duduk semeja sama lo.
 
Terus karena lo temen pertama dia, dia bakal selalu bareng sama lo dan bakal baik-baikin lo. Mungkin lo bakal sering dibeliin jajan di kantin, di isiin pulsa, di isiin bensin, atau mungkin...dibeliin deodorant (Ternyata lo bau ketek).
 
Sampe akhirnya seseorang tiba-tiba masuk ke kehidupan lo terus baik sama lo, padahal niat dia itu cuma pengen silaturahmi, punya temen baru, atau malah nyari sahabat. Tapi kadang kebaikannya lo tanggepin secara berlebihan karena lo udah terlanjur naksir sama dia.
 
Contoh simpelnya, dia mau nganterin lo beli baju di mall dengan niat cuma nemenin lo doang. Tapi waktu balik dari Mall, lo bilang makasih ke dia dan ngasih ciuman di pipi dia.
 
Contoh lainnya, lo lagi sakit dia bawain lo buah dan obat, biar lo cepet sembuh. Padahal niat dia kalau lo sembuh, dia pengen nyontek tugas lo. Dan itu dia lakukan atas nama persahabatan. Tapi karena lo udah naksir duluan, lo menganggapnya sebagai harapan dan lagi-lagi lo ngerespon kebaikan dia secara berlebihan.
 
Sampe akhirnya dia ngerasa nggak nyaman karena dia nggak mau ada hubungan yg lebih dari pertemanan sama lo. Dia pun mencoba menjaga jarak, dan mungkin pergi. Disitu lo mau bilang dia PHP? Bukan.. Itu lo yg terlalu gampang naksir sama orang.
 
4. Bukan mau PDKT-in lo
 
Nah, kasus ini pernah gue lihat sebelumnya di lingkungan gue. Jadi, ada temen gue ngomel-ngomel karena dia ngaku abis di-PHP-in seorang cewek. Katanya tuh cewek dulu sering ngehubungin dia, SMS dia, sering ngajak dia keluar, tapi endingnya tuh cewek jadian sama sahabat dia. Sakitnya tuh disini! *nunjuk lobang pantat*
 
Tapi pas gue nanya, "Tuh cewek kalau SMS/nelfon lo suka ngobrolin apa aja?"
 
Temen gue jawab,
 
"Suka nanyain ntar malem ada acara nggak, mau jalan bareng nggak? Ajakin Dimas ya.."
 
"Selain itu?" Gue penasaran.
 
"Kadang tuh cewek ngajakin gue dinner, dan dia minta saran gue ngajakin si Dimas.."
 
Sampe disini, gue sadar.. Tuh cewek bukanlah seorang PHP. Dari awal dia deketin temen gue, dia emang punya niat buat PDKT. Tapi bukan sama temen gue, melainkan ke Dimas, sohibnya temen gue itu. Dan kalau temen gue itu sakit hati gara-gara tuh cewek endingnya jadian sama Dimas, ya nggak boleh bilang tuh cewek PHP dong.. Itu sih gara-gara temen gue ini emang naksir sama tuh cewek, sampe-sampe dia nggak bisa berfikir secara sehat kalau tuh cewek lebih sering nanyain si Dimas daripada nanyain dia. Kasihan..
 
5. The Real PHP
 
Disini, gue mau ngasih liat ciri-ciri orang yg bener-bener layak dikatakan PHP. So, kalau ketemu kasus kayak dibawah ini, halal hukumnya kalau dia dikatain PHP.
 
- Suka manggil sayang-sayang.
Nah, hati-hati sama orang yg kayak gini. Kalau misalnya kalian baru kenal dan belum jadian, tapi dia udah manggil-manggil kamu dengan panggilan "Sayang", waspada aja. Kalau suatu saat dia tiba-tiba pergi, itu baru namanya PHP. Karena panggilan "Sayang" itu punya makna tersendiri bagi sebagian orang. Buat orang yg nggak ge'er-an pun bakal jadi ge'er kalau udah dipanggil "Sayang" sama seseorang yg dia suka kan?
 
- Suka pake emoticon monyong.
Ini juga patut diwaspadai kalau lo lagi BBMan sama seseorang yg lagi deket sama lo. Belum jadian udah berani pake emoticon cium-cium, mendandakan kalau dia lagi mancing lo biar lo juga make emoticon yg sama, lalu lo ngasih lampu hijau. Dan kalau dia endingnya ngilang gitu aja tanpa dilanjutin PDKT-nya, itu lah wujud dari PHP.. Santet aja ~
 
- Suka ngegombal romantis.
Kalau lo lagi deket sama seseorang dan dia suka ngeluarin kalimat-kalimat "Maut" buat lo sehingga lo kelepek-kelepek karena terpesona, artinya dia emang udah ngasih harapan. Palsu atau nggak harapannya, tergantung.. Dia ngilang atau lanjut sama lo.
 
- Hukuman buat pelaku PHP.
Di iket dan dijemur di Monas. Masukin lintah ke sempaknya, biarin tititnya lemes karena Anemia.
 
Nggak lah, bercanda.. Kita nggak boleh membalas kekejaman dengan kekejaman. Balaslah kekejaman dengan senyuman, karena senyum yg tulus itu senjata paling ampuh untuk membuat orang yg bersalah sama lo merasa malu pada diri sendiri seumur hidupnya. Percayalah..
 
Dan berikut ini adalah beberapa kumpulan tweet gue mengenai PHP. Semoga nge-JLEB! :p
 









 

 
So.. Intinya adalah, nggak semua asumsi kalian mengenai PHP itu benar adanya. Mungkin sebagian dari kalian mengalami/menjadi korban sakit hati karena kalian udah kege'eran duluan gara-gara kebaikan dia. Jadi, sebelum nuduh orang PHP-in lo, plis introspeksi diri dulu.. Apakah yg dia lakukan ke elo dulu-dulu itu termasuk "Harapan" atau cuma "Kebaikan"? Buat yg suka genit juga hati-hati.. Mungkin lo gak niat PHP, tapi kalau kegenitan lo udah diambang batas, bisa aja bikin anak orang Ge'eR.. Dan berujung sakit hati saat lo mulai menjaga jarak dari dia.
 
Dengan fakta-fakta diatas, kalau nggak mau jadi korban PHP, satu-satunya hal yg harus lo lakuin adalah, jangan cepet Ge'eR atau kepedean dulu. Kalau di malem minggu ini lo jalan sama seseorang yg lo anggep kencan, belum tentu loh buat dia hal itu dianggep kencan juga~ Bisa aja itu dia anggep jalan-jalan biasa. Hayoloh.. Udah, pulang aja sekarang sebelum sakit hati.. Pulang sekarang, daripada nanti nangis di angkot gara-gara ditinggalin dia di tengah jalan.
 
#PenghasutanMassal
#JombloNyariTemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar